Friday, June 14, 2013

Generasi Penerus OS X Mountain Lion, OS X Mavericks!


Setelah 5 hari berlangsung, akhirnya event besar WWDC 2013 yang diselenggarankan oleh Apple ini pun berakhir. Di hari pertama WWDC ini, Apple mengumumkan banyak hal baru yang akan dipersembahkan oleh Apple kepada dunia Technolgy.

Salah satu update yang diperkenalkan oleh Apple ini adalah Operating System terkenal yang menjadi bawaan dari produk Macbook (Pro & Air), Mac Pro dan iMac yaitu OS X (OS Ten). Sepanjang sejarahnya Apple berhasil mengeluarkan 1 Public Beta dan 9 OS X Final Version. Dari ke-9 versi OS X yang berhasil dikeluarkan Apple ini, semuanya mengusung nama "Bangsa Kucing Besar", 10.0 (Cheetah), 10.1 (Puma), 10.2 (Jaguar), 10.3 (Panther), 10.4 (Tiger), 10.5 (Leopard), 10.6 (Snow Leopard), 10.7 (Lion), 10.8 (Mountain Lion). Lalu kira-kira nama "Kucing" apakah yang akan di gunakan Apple di OS X generasi ke 10 nya ini (10.9)?



Memperkenalkan generasi ke 10, Mac OS X Mavericks. Mulai OS X 10.9 ini Apple tidak akan menggunakan nama "Bangsa Kucing". Lalu apa dari mana asal kata Mavericks ini? Mavericks merupakan tempat surfing terkenal yang berlokasi di California, yang merupakan kantor pusat dari Apple.

Cukup banyak perubahan yang di lakukan Apple di OS X 10.9 Mavericks nya ini, beberapa di antaranya adalah Finder yang mendukung fungsi Tab dan Fullscreen, lalu ada iCloud Keychain, Mission Control dan beberapa perbaikan dari browser andalan Apple yaitu Safari. Dan masih ada update-update lain yang di bawa oleh Apple ke dalam Mavericks mereka.

Untuk saat Mavericks ini masih dalam tahap Developers Preview, yang sudah bisa di coba oleh para pengembang sejak tanggal 10 Juni 2013 kemarin, dan untuk Final Release nya akan segera di keluarkan pada musim gugur (Juli - September)